Situs ini memiliki "Pengaturan" yang tertuang di tautan berikut: Ketentuan

Etika Mengkritik Karya Novel Digital yang Ditulis Author Platfrom

Kebanyakan penulis tidak suka dengan kritik karena dapat menghancurkan minat menulis-nya. Padahal kan seharusnya kritik itu memiliki tujuan yang bagus

Apakah kamu pernah mengkritik karya novel digital yang ditulis author platform? Memberikan kritik ke karya-karya yang ditulis di internet ternyata juga bagian dari sastra sebagai mana makna sastra itu sendiri, yaitu: "teks yang mengandung instruksi" atau "pedoman".

Etika Mengkritik Karya Novel Digital yang Ditulis Author Platform.

Kebanyakan penulis tidak suka dengan kritik karena dapat menghancurkan minat menulis-nya. Padahal kan seharusnya kritik itu memiliki tujuan yang bagus. 

Ada beberapa hal yang membuat penulis pemula tidak suka dengan kritik. Penyebabnya ada dua hal:

  • Penulis belum mengerti cara menyikapi kritik, dan 
  • Pemberi kritik belum pandai memberikan kritik untuk penulis pemula.

Kritik sendiri seharusnya disampaikan dengan tujuan meningkatkan pemahaman untuk si penulis, memperluas apresiasi kepadanya, serta membantu memperbaiki sesuatu yang dirasa kurang. Tanpa bertujuan menyinggung perasaan si penulis.

Sayangnya, banyak penulis merasa tersinggung karena kritik. Ya, penyebabnya tentu karena dua hal di atas. 

Melalui kritik, nantinya si penulis yang dikritisi akan mengevaluasi kekurangan, memahami kesalahan, dan termotivasi karena telah mengetahui sesuatu yang masih dirasa belum sesuai. Selain itu, kritik juga dapat membuat pikiran si penulis lebih terbuka sehingga kemampuan dan pengetahun menulisnya akan menjadi lebih baik.

Bagaimana Etika Menyampaikan Kritik yang Benar?

Ada beberapa etika menyampaikan kritik yang benar agar kritik yang diberikan sesuai dengan tujuan yang telah disebutkan di atas. Kritik harus disampaikan sesuai dengan ciri-ciri dan strukturnya.

Kritik memiliki ciri-ciri yang membuatnya secara sadar berbeda dengan hinaan, karena banyak orang di internet sering menyamakan 'kritik' dengan 'hinaan'. Secara garis besar, kritik memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Menanggapi atau mengomentari karya orang lain.
  2. Menunjukkan kelebihan dan kekurangan.
  3. Memberi saran perbaikan.

Di Internet, ada banyak informasi tentang etika menyampaikan kritik yang benar. Secara garis besar, penyampai kritik harus mengawali dengan pujian atau salam, lalu dilanjutkan dengan memberikan tanggapan, serta ditutup dengan motivasi dan semangat.

Well, itu benar. Namun, secara praktik tentu saja tidak semua pengkritik menggunakan formula seperti di atas. Ada banyak kritik pedas yang mudah disampaikan di internet. 

Agar kritik kamu dapat diterima si penulis, perhatikan dulu! Bahwa kritik memiliki struktur seperti berikut:

  1. Evaluasi yang berisi pernyataan mengenai suatu yang disampaikan.
  2. Tanggapan yang memuat informasi tentang baik dan buruknya sesuatu yang dikritik.
  3. Penegasan yang merangkum kedua poin di atas.

Struktur kritik di atas sesuai dengan makna kritik di KBBI, yaitu: kecaman atau tanggapan yang mengupas dan kadang-kadang disertai uraian, serta pertimbangan terhadap suatu karya sesuai pendapat.

Apa Fungsi Kritik Terhadap Suatu Karya Tulis Author Platform?

Sama seperti menulis novel di platform, memberikan kritik kepada karya-karya yang ditulis platform tentu saja memiliki tujuan. Pada dasarnya, kritik berfungsi untuk membenarkan sesuatu yang dianggap salah agar lebih baik dari yang sebelumnya berdasarkan tanggapan.

Nah, tanggapan yang dikemas ke dalam kritik harus disajikan sesuai jenisnya. 

Jenis Kritik

Orang-orang mengira kalau kritik itu terbagi menjadi dua jenis rasa, pedas dan tidak pedas. Biasanya yang pedas berisi pendapat yang frontal dan yang tidak pedas biasanya sedikit menahan perasaan agar si penulis tidak baperan.

Kritik sendiri terbagi menjadi tiga jenis, yaitu:

1. Kritik Impresionistik:

Kritik impresionistik merupakan jenis kritik yang isinya lebih banyak mengandung kesan-kesan pribadi atau pendapat secara subjektif. Jadi, enggak semua kritik itu harus disampaikan secara objektif. 

Dalam pembahasan tentang mengkritik novel digital yang ditulis author platform, tentu saja pendapat yang subjektif sangat dibutuhkan agar penulis dapat memahami reaksi dan interaksi pembacanya.

2. Kritik Penghakiman:

Kritik penghakiman sering dicap sebagai kritik pedas, karena jenis kritik ini menyimpulkan sesuatu yang umum menjadi khusus. Nah, kritik jenis ini yang sering sekali salah ditanggapi si penulis.

Dalam pengalaman yang sering ditemukan di grup kepenulisan: "Ingin Menjadi Penulis. Namun, Enggan Menulis", sering sekali si penulis merasa tidak terima karena karyanya dianggap tidak masuk akal atau terlalu klise. 

3. Kritik Teknis:

Kritik teknis merupakan jenis kritik yang di dalamnya mengupas kesalahan teknis seperti ejaan, penggunaan tanda baca, atau efektivitas kalimat yang digunakan. 

Kritik teknis jarang memberikan pendapat atau menghakimi seperti dua jenis kritik sebelumnya. Namun, kritik teknis bisa diselipkan ketika memberikan pendapat dan ketika menghakimi.

Apa Perbedaan antara Kritik dan Saran?

Selain kritik yang kerap disamakan seperti hinaan, banyak juga pendapat yang mengatakan bahwa kritik harus disertai dengan saran. Padahal, kedua hal ini saja sudah berbeda bentuk dan tujuan.

Banyak juga yang menyandingkan bahwa kritik merupakan saran yang bernada negatif, sedangkan saran merupakan kritik yang berbentuk positif. 

Secara garis besar, Kritik merupakan tanggapan, sedangkan Saran merupakan pendapat. Keduanya sering disajikan bersandingan, tapi tidak bisa disamakan. 

Orang boleh memberikan kritik tanpa saran dan begitu juga sebaliknya.

Konklusi tentang Etika Mengkritik Karya Novel Digital yang Ditulis Author Platform.

Etika Mengkritik Karya Novel Digital yang Ditulis Author Platform.


Agar penulis yang diberi kritik dapat menerima kritik yang diberikan, cobalah untuk menyampaikan pendapat kamu secara subjektif, kesan-kesan yang membuat penulis merasa berharga karena telah menulisnya.

Kupas kesalahan teknis yang dirasa harus diperbaiki dengan bahasa yang tidak menyinggung karena pengkritik harus mampu membedakan perbedaan antara kritik, saran dan hinaan.

Terakhir, simpulkan tanggapan kamu agar penulis dapat mencernanya.

Posting Komentar

© Kepenulisan.com. Hak cipta. Developed by Jago Desain