Cek "pengaturan" yang diterapkan di situs kepenulisan.com dalam tautan berikut: Ketentuan

Mengenal Istilah Preptober dan NaNoWriMo

Preptober dan Nanowrimo: merupakan istilah yang merujuk pada bulan persiapan menulis di bulan Oktober dan tantangan menulis di bulan November.

Preptober dan NaNoWriMo menjadi istilah populer yang sering menjadi pembahasan dan topik pembicaraan di kalangan author, blogger, dan content-writer (ABCdi internet; khususnya di grup-grup kepenulisan atau di sosial media yang berbasis tulisan di setiap Oktober dan November.

Pertanyaannya, apa sih preptober dan nanowrimo, itu?

1. Preptober

Preptober merupakan istilah yang merujuk pada kegiatan mempersiapkan diri di bulan Oktober untuk kepentingan menulis di tantangan NaNoWriMo. Bisa dikatakan, preptober ini adalah akronim dari "prepare" dan "Oktober".

Apa sih yang dilakukan author di preptober ini?

Selaras dengan maknanya, preptober menjadi waktu yang tepat bagi para author yang hendak mengikuti kegiatan nanowrimo untuk mempersiapkan diri. Selama preptober, para author bisa mempersiapkan hal-hal seperti:

Preptober juga menjadi kesempatan yang tepat bagi para author pemula untuk belajar mempersiapkan sesuatu sebelum menulis novel. Sebab, banyak author pemula yang biasanya kehilangan minat atau mengalami kebuntuan di tengah-tengah proses menulis.

Apalagi saat mengikuti challenge NaNoWriMo, banyak author pemula yang berusaha menantang diri untuk produktif menulis selama bulan November. Namun, mengalami kesulitan di tengah-tengah challenge karena mulai kehilangan minat, serta terjebak kebuntuan. 

Baca Juga: Kerangka Cerita: Premise, Log-line, Struktur Plot dan Outline

2. Nanowrimo

Nanowrimo merupakan akronim dari National Novel Writing Month atau Bulan Menulis Novel Nasional, yang merupakan tantangan menulis novel selama bulan November; sebanyak 50 ribu kata, atau sebanyak 1.667 kata selama satu hari.

Tantangan menulis ini pertama kali dimulai pada akhir tahun 90-an. Tujuan NaNoWriMo adalah untuk meningkatkan minat orang-orang mau menulis dan menunjukkan bahwa menulis novel itu tidak harus memakan waktu yang lama.

Tiap Komunitas Kepenulisan Punya Regulasi NaNoWriMo-nya sendiri-sendiri.

Di grup "Ingin Menjadi Penulis. Namun, Enggan Menulis", challenge NaNoWriMo-nya agak berbeda. Tujuannya tetap sama, yaitu menulis selama sebulan. Namun, bukan menulis sebanyak-banyaknya selama bulan November, melainkan berusaha konsisten menulis selama sebulan.

Grup kepenulisan di Facebook ini berusaha mengajak kamu untuk mau menulis apapun yang kamu mau, dan yang kamu sukai. Tidak hanya memulai novel, kamu bisa mengikuti challange ini dalam bentuk tulisan lain seperti menuliskan artikel, opini, atau esai.

Sebab tantangan menulis di bulan November ini juga diselenggarakan sebagai bentuk memperingati hari Blogger Nasional, pada 27 Oktober.

Jika kamu tertarik dan ingin menantang diri untuk konsisten produktif menulis selama sebulan, maka ini adalah waktu yang tepat untuk bergabung ke grup: INGIN MENJADI PENULIS. NAMUN, ENGGAN MENULIS.

Hendy Jobers, seorang Pak RT di grup Facebook kepenulisan: "Ingin Menjadi Penulis. Namun, Enggan Menulis."

Posting Komentar

© Kepenulisan.com. Hak cipta. Developed by Jago Desain