Situs ini memiliki "Pengaturan" yang tertuang di tautan berikut: Ketentuan

Mengetik Menggunakan Keyboard di Handphone: Rekomendasi Papan Ketik Terbaik!

Keyboard Eksternal untuk Handphone, memungkinkan penulis agar dapat mengetik di Android. Keyboard bagi Author adalah Investasi jangka panjang!

Keyboard untuk komputer atau sering disebut sebagai "papan ketik eksternal" sebenarnya bisa digunakan penulis untuk mengetik di handphone. Biasanya, Keyboard eksternal ini digunakan untuk menggantikan keypad yang error, dan ada pula yang menggunakannya karena tidak nyaman mengetik di Keypad Ponsel.

Keyboard bagi penulis, bisa dikatakan sebagai investasi jangka panjang yang selain berguna untuk meningkatkan produktivitas menulis, keyboard juga memudahkan proses mengetik.

Walau memang, ada juga penulis yang sudah terbiasa mengetik menggunakan dua jempol di handphone.

Rekomendasi Keyboard untuk Handphone

Saat ini ada banyak rekomendasi keyboard yang didesain khusus untuk mendukung produktivitas menulis di Android. Beberapa brand lokal dan internasional sengaja mengeluarkan jenis keyboard dengan spesifikasi dan fitur khusus.

Walau ada banyak keyboard yang didesain khusus untuk handphone, tapi tidak semua handphone bisa disambungkan keyboard eksternal. Namun, gak usah khawatir karena ada beberapa jenis sambungan yang bisa membuat handphone kamu dapat mengetik menggunakan keyboard eksternal:

Cara Menyambungkan Keyboard Eksternal ke Handphone:

Ada tiga jenis penyambungan keyboard eksternal ke handphone yang bisa kamu gunakan. Beberapa keyboard memang didesain khusus dengan jenis sambungannya. Nah, memahami jenis penyambungan ini penting dipahami terlebih dahulu, agar kamu tidak salah beli dan tidak salah pilih.

1. Menyambungkan Keyboard Menggunakan Kabel USB OTG

Saat ini, ada banyak jenis handphone Android dan IOS yang mendukung pengoperasian perangkat keras tambahan agar memungkinkan kamu menggunakannya di handphone. Salah satu bentuk dukungan itu berupa sambungan USB OTG.

USB OTG atau Universal Serial Bus On The Go merupakan sejenis kabel yang memiliki dua ujung. Dengan kabel OTG, handphone kamu bisa menerima pengoperasian keyboard yang biasanya digunakan untuk komputer.

Tidak semua handphone memiliki dukungan OTG, untuk mengecek apakah handphone kamu mendukung OTG atau Tidak: kamu bisa mengecek-nya di bagian pengaturan atau deskripsi spesifikasi handphone kamu di Google.

2. Menyambungkan Keyboard Menggunakan Bluetooth dan WiFi

Jika handphone kamu tidak mendukung penggunaan OTG, maka opsi lainnya adalah penggunaan sambungan dengan Bluetooth atau WiFi.

Nah, karena jenis penyambungannya menggunakan Bluetooth dan WiFi, berarti tipe keyboard yang akan digunakan untuk mengetik di handphone merupakan tipe wireless atau tanpa kabel.

Banyak jenis keyboard wireless yang mendukung pengoperasian perangkat Android dan IOS, dan ada juga yang memang didesain khusus untuk laptop saja. Sehingga, sebelum benar-benar memilih jenis keyboard wireless; perhatikan jenis dukungannya.

Jenis Keyboard Eksternal yang Menjadi Rekomendasi untuk Handphone.

Ada banyak jenis keyboard eksternal yang bisa digunakan untuk mengetik di handphone. Kebanyakan jenisnya, dibedakan berdasarkan konektivitas atau cara menghubungkan si keyboard itu sendiri ke handphone.

Memahami jenis keyboard eksternal untuk handphone pada bagian ini bertujuan agar kamu memiliki variasi keyboard yang sesuai dengan kebutuhan, aktivitas, dan budget kamu. Jadi, apa saja jenis keyboard eksternal yang cocok untuk handphone?

Disclaimer: artikel ini tidak bekerja sama dengan produk apapun dan tidak memasarkan produk afiliasi dengan Affiliate Link.

Keyboard Lipat / Foldable Keyboard

Seperti namanya, Keyboard lipat bisa dilipat. Keyboard lipat sangat cocok untuk penulis yang suka mengetik di luar ruangan tapi tidak ingin repot-repot membawa keyboard. Keyboard lipat biasanya disebut sebagai Foldable Keyboard atau Folding Keyboard.

Keyboard lipat sendiri memiliki tiga jenis, perbedaannya hanya dari cara melipatnya. Ada yang dilipat secara vertikal, horizontal, dilipat menjadi dua bagian, atau tiga bagian, bahkan digulung!

Rekomendasi Keyboard Lipat atau Foldable Keyboard:

- Foldable Keyboard FK-328

Dapat dilipat menjadi dua bagian, keyboard foldable tanpa merk ini menggunakan konektor tanpa kabel. Di lokapasar seperti Tokopedia atau Shopee, harga keyboard ini dibanderol mulai dari IDR 399K s/d IDR 500K.

Keyboard Lipat, Foldable Keyboard,

- Foldable Keyboard ZD-038

Keyboard lipat ZD-038 dapat dilipat menjadi persegi panjang, dengan penyangga handphone di bagian atasnya. Tipe konektor yang digunakan pada jenis ZD-038 ini juga tanpa kabel.

Di lokapasar seperti Tokopedia atau Shopee, harga keyboard ini dibanderol agak mahal, mulai dari IDR 450K hingga IDR 600K

Keyboard Lipat, Foldable Keyboard

- Bepop BT86

Foldable Keyboard satu ini memiliki Keycaps atau tombol yang berbentuk lingkaran. Selain itu, jenis keyboard tanpa kabel Bepop BT86 ini juga dilengkapi dengan touchpad yang sensitif.

Jenis Keyboard Eksternal yang dapat dilipat menjadi tiga bagian ini dibanderol dengan harga IDR 599K hingga IDR 750K di lokapasar seperti Tokopedia atau Shopee.

Keyboard Lipat, Foldable Keyboard

- LG Rolly Keyboard

Keyboard lipat terakhir yang direkomendasikan ada LG Rolly Keyboard yang harganya lumayan mahal. Keyboard lipat ini menggunakan konektor tanpa kabel yang ditenagai oleh baterai AAA dan ada pula yang dapat di-charger.

Di lokapasar seperti Tokopedia atau Shopee, harga keyboard LG Rolly ini berada di kisaran IDR 900K

Keyboard Lipat, Foldable Keyboard

Keyboard Flexible

Keyboard Eksternal satu ini bisa dikatakan seperti sangat mirip dengan keyboard lipat, menariknya, keyboard ini digulung! Loh, apa enggak rusak itu tombol-tombolnya? Enggak, karena keyboard flexible berbahan dasar silikon yang lentur, elastis, dan lembut.

Saat ini, keyboard flexible memiliki dua jenis konektor, menggunakan USB dan tanpa kabel dengan tipe penghubung Bluetooth.

Salah satu keunggulan dari Keyboard Flexible ya tentu saja tahan air dan tahan debu karena berbahan silikon. Namun, feeling mengetik menggunakan keyboard flexible kurang berkesan karena tidak menimbulkan suara tapping seperti keyboard konvensional.

Di lokapasar seperti Tokopedia dan Shopee, Keyboard Flexible dibanderol mulai dari IDR 55K

Flexible Keyboard, Keyboard Gulung, Keyboard Silikon

Keyboard Mechanical

Keyboard mechanical merupakan jenis keyboard yang menggunakan switch mekanik di setiap tombolnya. Keyboard mechanical seringkali dianggap lebih nyaman dan responsif dibandingkan dengan keyboard yang menggunakan switch dome atau membran.

Banyak pengguna menyukai keyboard mechanical karena switch-nya yang memberikan feedback taktil yang jelas, serta memungkinkan untuk mengetik dengan kecepatan yang lebih tinggi dan akurasi yang lebih tinggi. Selain itu, keyboard mechanical juga lebih mudah dibersihkan.

Beberapa rekomendasi keyboard mechanical untuk handphone di antaranya:

- Keychron K4 v2

Keychron merupakan brand internasional yang berada di Hongkong dan Perancis yang berfokus pada Mechanical Keyboard untuk Windows dan Android. Ada banyak seri Mechanical Keychron, tapi salah satu yang direkomendasikan untuk handphone Android adalah seri K4 Version 2. Seri ini menggunakan konektor Bluetooth.

Di Website resminya, harga Keychron dibanderol dengan harga $75, sedangkan di lokapasar seperti Tokopedia dan Shopee, dibanderol mulai dari IDR 1350K - IDR 1500K

Keyboard Mechanical Bluetooth, Keychron K4 v2

- Rexus DAXA M71 Pro

Seri Keyboard Mechanical Rexus DAXA M71 Pro memiliki dua jenis konektor, yaitu menggunakan kabel (wire) atau Bluetooth. Sebenarnya, keyboard Rexus seri DAXA ini merupakan keyboard mechanical untuk gaming, ya karena brand Rexus kan memang fokus di elemen gaming.

Di Official Rexus Store, keyboard mechanical DAXA M71 Pro dibanderol dengan harga IDR 875K. Sedangkan di lokapasar seperti Tokopedia atau Shopee pun juga berada di kisaran harga tersebut.

Rexus DAXA, Keyboard Mechanical Bluetooth

- Rexus DAXA M84 Classic:

Well, seri Keyboard Mechanical Keychron Daxa M84 Classic ini bisa dikatakan sebagai versi yang lebih tinggi dari seri sebelumnya. DAXA M84 Classic ini memiliki tiga jenis konektor, yaitu: Bluetooth, Radio Frekuensi, dan Kabel USB.

Salah satu hal yang membuat Keyboard Mechanical Rexus untuk Android ini adalah fitur RGB-nya.

Walau tergolong 'versi yang lebih tinggi dari seri M71', tapi harganya termasuk lebih murah. Di lokapasar seperti Tokopedia atau Shopee, harga Keyboard Mechanical Rexus DAXA M84 Classic dibanderol dengan harga IDR 750K.

Sedangkan untuk versi Rexus DAXA M84 Pro, harganya bisa 2,5 kali lipat dari versi Classic.

Keyboard Mechanical, Rexus DAXA M84

- Jertech JK-530

Jertech Dongguan Technology merupakan pabrikan Tiongkok yang bergerak di bidang perlengkapan komputer gaming. Salah satunya adalah Keyboard Mechanical RGB Jertech JK-530.

Keyboard Mechanical yang memiliki dua jenis konektivitas, Bluetooth dan Kabel USB. Di lokapasar seperti Tokopedia atau Shopee, harga Keyboard Mechanical Jertech JK-530 dibanderol mulai dari IDR 530K.

Mechanical Keyboard, Jertech Dongguan Technology

Keyboard Wireless (Nirkabel) / Bluetooth

Keyboard Wireless atau Papan Ketik Nirkabel yang memiliki jenis penyambungan tanpa kabel, biasanya menggunakan Bluetooth atau WiFi, kini menjadi jenis keyboard yang paling banyak dipilih sebagai keyboard eksternal untuk handphone.

Tidak hanya Bluetooth, jenis keyboard Wireless biasanya menggunakan konektor RF atau Radio Frekuensi dengan Receiver.

Saat ini, ada banyak brand yang memang mendesain keyboard khusus untuk Android. Pada umumnya, hanya untuk Tablet saja, tapi karena kebanyakan Tablet menggunakan OS Android, hal ini pun membuat handphone juga bisa menggunakan Keyboard Wireless.

Berikut ini, beberapa rekomendasi keyboard wireless untuk handphone, di antaranya:

- Acome AKM2000

Acome merupakan salah satu perusahaan yang menjadi produsen aksesoris gadget, salah satunya adalah Acome Keyboard Wireless Android di seri AKM2000.

Handphone kamu perlu support USB OTG karena penerima Wireless-nya bertipe RF atau Radio Frekuensi dengan Receiver.

Keyboard Acome

- Logitech K380 & Logitech K480

Logitech merupakan perusahaan asal Swiss yang menjadi produsen perlengkapan alat-alat komputer, salah satunya adalah Logitech Keyboard Wireless di seri K380 dan K480.

Keyboard Bluetooth, Logitech Keyboard

Kedua seri Keyboard Wireless dari Logitech ini, K380 dan K480, sama-sama memiliki jenis konektor Bluetooth. Perbedaan paling signifikan ada di bagian penyangga gawainya saja.

Keyboard Bluetooth Logitech

- Rexus KM9

Rexus merupakan salah satu brand Indonesia yang fokus pada aksesoris gaming juga mobile. Salah Keyboard Eksternal untuk Handphone tipe Android yang bisa dipakai buat mengetik di ponsel adalah seri Rexus KM9.

Tombol pada keyboard Rexus KM9 ini berbentuk lingkaran dengan gaya retro. Tipe konektornya Radio Frekuensi (RF) dengan Receiver.

Keyboard Rexus Bluetooth

- Robōt KB10

Robot Power Bank yang berdiri sejak 2013 merupakan brand lokal, produk Robot yang paling terkenal adalah Power Bank dan Kipas Angin Portabel-nya. Namun, ada juga seri Keyboard Wireless yaitu, Robot KB10.

Robot KB10 menggunakan dua jenis konektor, bisa digunakan menggunakan Bluetooth dan Radio Frekuensi (RF) dengan Receiver.

Keyboard Bluetooth Robot

Mofii

Mofii merupakan salah satu cabang brand dari Bepop Internasional Indonesia. Bepop terkenal dengan produk-produk aksesoris handphone seperti holder-phone untuk motor, stand handphone, dan kabel-kabelan.

Mofii Keyboard yang memiliki konektivitas Bluetooth ini memiliki tampilan yang colorful, ceria, tapi kurang portabel karena ukuran lumayan besar.

Mofii Keyboard

Philips K624

Philips merupakan perusahaan elektronik berskala multinasional asal Belanda yang telah menjual aneka produk. Salah satunya adalah Keyboard Bluetooth K624.

Keyboard Bluetooth Philips K624 sepertinya namanya, menggunakan konektivitas Bluetooth. Di lokapasar seperti Tokopedia atau Shopee, harga keyboard ini dibanderol mulai dari IDR 200K hingga IDR 350K

Keyboard Bluetooth Philips

QQ Family QK300

QQ Family merupakan brand asal Tiongkok yang bergerak di bidang pemasaran aneka produk. Perusahaan yang bernaung di bawah Raksasa Teknologi Tiongkok, Tencent; merilis keyboard wireless QK300.

Keyboard QK300 cukup terkenal di TikTok karena video review dan ulasannya sering muncul. Namun, sebenarnya QK300 tidak direkomendasikan, hanya saja banyak pengguna merasa suka-suka saja dengan Keyboard ini.

Di Lokapasar seperti Tokopedia atau Shopee, QK300 dibanderol mulai dari IDR 70K hingga IDR 90K.

QQ Family Keyboard Bluetooth

Keyboard Eksternal Handphone yang Kurang Recommended

Dari sekian banyak keyboard eksternal yang dijual di lokapasar, ada beberapa papan ketik untuk handphone yang tidak direkomendasikan.

Disclaimer: bagian ini tidak bermaksud menjatuhkan barang dagangan orang, tapi keyboard itu bisa dikatakan sebagai investasi jangka panjang bagi penulis. Jadi, sebaiknya pilih keyboard yang bisa dipakai untuk waktu yang cukup lama.

Goojodoq RGB

Brand yang terkenal dengan alternatif Stylus Pen-nya ini agak low profile. Di lokapasar, ada dua jenis keyboard eksternal wireless, yaitu Goojodoq Gen 1 dan Gen 2. Salah satu yang ramai adalah Goojodoq RGB (Red, Green, Blue).

Hal yang membuat Goojodoq RGB tidak direkomendasikan ada di feeling mengetiknya. Bahan yang tipis membuat Goojodoq RGB tidak enak dipakai buat mengetik. Lagipula, fitur RGB-nya hanya gimik saja.

Goojodoq RGB Keyboard

Well, walau bisa digunakan, tapi sebaiknya kamu pilih keyboard eksternal yang lebih upgrade meskipun harganya sangat low-price. Komentar yang sama juga berlaku untuk brand-brand keyboard berikut ini. Lebih baik tidak usah dipilih, apalagi tergiur harga murah.

Taffware KM78D

Hal yang membuat Keyboard Bluetooth Taffware KM78D tidak direkomendasikan untuk dipilih adalah bahannya yang ringkih, tipis, kurang informatif dan Keycaps-nya mudah tenggelam.

Selain itu, feeling mengetiknya agak kurang berasa apalagi ukuran Keyboard Bluetooth Taffware kurang cocok untuk jari tangan dewasa. 

Keyboard Handphone

Well, ada banyak brand keyboard yang memiliki tampilan keyboard bluetooth seperti Taffware, di antaranya ada Grotic dan Fusion di lokapasar seperti Tokopedia, Shopee, Lazada atau Blibli. Sebaiknya, jangan dibeli atau dipilih walau harganya murah.

Keyboard Omong Kosong yang Tidak Ada Gunanya dan Sebaiknya Buang Jauh-jauh dari Kehidupan Kamu.

Terakhir, dan sebaiknya jangan pernah kepikiran untuk membelinya hanya karena harganya super murah. Keyboard yang memiliki tampilan seperti pelindung tablet, tanpa merk dan selalu muncul di hasil pencarian ketika kamu mengetik "keyboard eksternal untuk handphone".

Tidak ada hal positif yang dapat dimaklumi dari keyboard eksternal satu ini selain tidak berguna, tidak berfungsi, dan tidak sesuai ekspektasi.

Ukuran Keyboard yang kecil, Keycaps-nya yang tidak masuk akal, konektivitas-nya juga tidak jelas. Sebaiknya jangan pernah dibeli.

Keyboard Sampah

Jangan pernah membeli keyboard sampah yang tidak ada gunanya ini, karena hanya akan menimbulkan kekesalan saja. Lebih baik pilih keyboard yang telah direkomendasikan walau harganya bisa dikatakan mahal.

Penutup:

Keyboard bagi penulis itu seperti alat tulis, sebuah investasi jangka panjang yang dapat membantu meningkatkan produktivitas menulis. Mengetik di handphone akan terasa lebih mudah serta memberikan pengalaman yang berkesan.

Jadi, jangan sampai salah pilih keyboard. Jika kamu memiliki pertanyaan seputar keyboard eksternal untuk handphone, silakan tulis di kolom komentar di bawah. Akan sangat menyenangkan jika kita dapat berinteraksi dan berdiskusi di sana.

Akhir kata, terima kasih atas kunjungan kamu di artikel ini dan terima kasih telah memberikan kesempatan kepada Blog Kepenulisan.com -

Halo Tangan Pekerja! Aku Hand Jobers. Selamat bekerja dan terus berkarya.

Posting Komentar

© Kepenulisan.com. Hak cipta. Developed by Jago Desain