27 Aplikasi Baca Novel Online Gratis Bahasa Indonesia.

Aplikasi Baca Novel Online

Aplikasi baca novel gratis bahasa Indonesia di smartphone saat ini telah menjadi pilihan banyak penikmat dan penggemar novel yang memberikan kemudahan untuk dapat membaca novel lewat handphone.

Jumlah aplikasi membaca novel yang tidak sedikit dan beragam versi. Ada yang memiliki sistem membaca online gratis dan ada pula yang harus; membeli koin, berlangganan, menyewa atau meminjam.

Ragam versi aplikasi membaca novel ini lah yang membuat penikmatnya memiliki banyak variasi, dan dipilih sebagai alternatif memudahkan untuk membaca novel online.

Aplikasi novel gratis di Android dan iPhone biasanya berupa cerita tamat dan cerita on going.

Novel gratis tamat dapat di-unduh lewat file PDF atau ebook yang bisa dibeli utuh dengan menggunakan koin di aplikasi membaca novel.

Tapi, di antara kamu pasti ada yang tidak suka dengan koin karena membuat novel-nya menjadi kurang berkesan, kan?

Berikut ini ...

A). Aplikasi Baca Novel Gratis Tanpa Koin.

Aplikasi Baca Novel Online Gratis Bahasa Indonesia

Ada banyak cara dan wadah yang memberikan aneka Novel Online Gratis Tanpa Koin dengan memberikan pengalaman yang berkesan ketika membaca novel tamat dan novel on-going secara gratis.

Beberapa media membaca novel di smartphone berikut berani tidak melibatkan koin dalam aktivitasnya.

Ada pula beberapa aplikasi yang memberikan koin-nya secara cuma-cuma, sehingga kamu bisa memilih dan membeli novel yang kamu mau di aplikasinya.

Berikut ini, situs, platform dan aplikasi baca novel online gratis tanpa koin yang paling asyik, mudah dan menyenangkan, serta memiliki banyak koleksi novel unik.

1. Fizzo Novel Web / Fictum

Fizzo Novel Web pada awal kemunculannya ke publik bernama Fictum adalah platform membaca novel gratis yang dikembangkan dan dipublikasikan oleh Poligon PTE. LTD sebuah perusahaan berbasis di Singapura.



Fizzo Aplikasi Baca Novel

Fizzo merupakan aplikasi membaca novel yang dikembangkan oleh perusahan milik anak perusahaan ByteDance, sebuah perusahaan pengembang TikTok.

Fizzo Novel Web Indonesia memberikan benefit atau bayaran ke pengguna setia dan pembaca antusias dengan novel yang ada di aplikasi membaca novel gratis ini.

Fizzo memungkinkan kamu untuk dapat membaca novel dan bisa menghasilkan uang hingga 500 ribu Rupiah per hari!—katanya!

 

 2. Gramedia Writing Project

Gramedia Writing Project merupakan situs membaca novel online gratis yang karyanya ditulis oleh author antusias.



Gramedia Writing Project

Ada banyak genre novel yang bisa dibaca gratis di Gramedia Writing Project; di antaranya:

Metropop, Amore, Teenlit, Young Adult, Fantasi, Horor, Sci-Fi, Misteri / Thriller, Komedi, Religi, FanFiction, Puisi, Sastra, Travel Writing, hingga Non Fiksi.

Seperti namanya, tempat membaca novel gratis ini merupakan wadah yang dikembangkan oleh Gramedia, lewat PT. Rekata Sembilan Belas sekitar tahun 2019-an.

3. Storial.co

Storial.co merupakan salah satu aplikasi membaca novel online gratis yang dapat diakses di mana saja dan kapan saja.

Storial.co juga sebuah platform membaca novel yang memberikan kamu hadiah seperti aplikasi membaca novel lainnya.


Storial Baca Novel

Storial.co adalah aplikasi membaca novel buatan Indonesia, yang hadir pertama kali pada tahun 2015.

Storial punya lebih dari 50,000 judul buku yang dapat dibaca GRATIS!

Kamu bisa menemukan berbagai macam cerita menarik dari ragam genre seperti; romance, horror, puisi, adult romance, hingga cerpen pun bisa dibaca gratis secara online di Storial.

4. Klaklik

Klaklik adalah aplikasi membaca novel besutan MNC GROUP yang hadir Januari 2020 lalu.



Baca Novel Gratis di Klaklik

Tidak hanya membaca novel, di Klaklik kamu dapat membaca cerita-cerita dari naskah skenario sinetron yang tayang di televisi MNC Group.

Ada banyak genre di aplikasi Klaklik, di antaranya; genre romance, drama, fantasi, horror dan thriller, komedi, inspirasi, religi, pertemanan, motivasi, cerita sedih, dan cerita sukses.

5. Wattpad

Wattpad telah menjadi aplikasi baca novel gratis sejuta umat! Hampir semua orang yang suka membaca dan suka menulis pasti kenal dengan Wattpad.

Wattpad pertama kali diperkenalkan ke publik pada November 2006 yang dikelola oleh Wattpad HQ berbasis di Toronto, Kanada.



Wattpad Baca Novel

Kini, Wattpad telah bekerja sama dengan Naver Webtoon dan mendirikan Wattpad Webtoon Studio.

Karya-karya Wattpad sudah banyak yang dilanjutkan ke ranah percetakan, perfilman, dan panggung lainnya. Bahkan, banyak pula novel terbitan Wattpad menggunakan label “telah dibaca banyak orang” di Wattpad.

6. Penana

Penana juga merupakan aplikasi baca novel gratis yang keberadaannya agak kurang diketahui pembaca atau penggemar bacaan novel online di Indonesia.

Aplikasi Baca Novel PenanaPenana tersedia secara resmi ke dalam bahasa Indonesia. Namun, karya-karya yang dipublikasikan ke bahasa Indonesia di dalam aplikasi membaca novel ini agak barbar.

Kamu akan suka dengan Penana jika menyukai karya tulis berbahan dewasa dan hal-hal yang berkaitan dengan kedewasaan.

Penana dipublikasikan ke publik pada tahun 2014 dalam pengelolaan Penana LTD, sebuah perusahaan pengelolaan pelayanan digital yang berbasis di Hongkong.

B). Aplikasi Baca Novel Online Gratis!Aplikasi Baca Novel Online Gratis

Aplikasi Baca Novel Online Gratis berikut ini memberikan akses ke pengguna untuk dapat menikmati dan membaca novel yang ditulis oleh author amatir dan penulis profesional.

Pada laman “Aplikasi Baca Novel Gratis” ini, setiap aplikasi banyak yang menawarkan novel-novel gratis akses di bagian awal, kemudian memintamu untuk membelinya dengan koin.

Tapi tenang saja, beberapa Aplikasi Baca Novel Gratis berikut juga menawarkan aktivitas yang memungkinkan kamu untuk bisa mendapatkan koin gratis sehingga kamu bisa membeli part novel yang dijual.

Ya, hitung-hitung kamu berkontribusi dalam mendukung author yang berkarya di aplikasi terkait.

Berikut ini, aplikasi baca novel online gratis yang memberikan pengalaman seru dalam menemukan karya tulis yang otentik dan berciri khas

7. GoodNovel

GoodNovel adalah platform cerita dan novel online yang berdedikasi agar dapat menciptakan warna baru dalam dunia pustaka era digital.

Aplikasi baca novel ini menawarkan dua metode; novel gratis dan novel yang harus dibeli menggunakan koin.

Tapi tenang saja, ada banyak aktivitas di dalam GoodNovel yang memungkinan kamu untuk bisa mendapatkan koin gratis.



Aplikasi Baca Novel GoodNovel

GoodNovel dikembangkan dan dioperasikan oleh sebuah perusahaan teknologi New Reading Technology PTE. LTD asal Singapura yang diterbitkan pertama kali di Google Play Store pada tanggal 15 April 2020.

Di GoodNovel, ada novel dan karya tulis yang jumlah katanya di bawah 30K kata hingga sampai 100K kata. Kamu bakal blenger di GoodNovel.

Ada banyak genre di GoodNovel, di antaranya; romance, fantasy, teenfict, young-adult, paranormal, misteri, sejarah, urban, dan banyak lagi.

8. NovelMe

NovelMe adalah aplikasi membaca novel bahasa Indonesia buatan anak negeri yang hadir sejak November 2018 persembahan oleh PT Funsoft Mobindo Indonesia.

PT Funsoft Mobindo Indonesia merupakan salah satu perusahaan startup yang berdiri pada tahun 2017 di Jakarta, Indonesia.


Aplikasi Baca NovelMe


Di NovelMe ada ragam genre seperti: Fantasi, Romance, Fiksi Ilmiah, Action, Petualangan, Eksklusif, Adult Romance, Religi, Daily Life, Time Travel, Teen Fiction, Baby Novel, hingga Detektif.

Aplikasi baca novel NovelMe juga menawarkan dua metode; novel gratis di awal dan novel yang harus dibeli menggunakan koin.

9. Innovel / Dreame

Innovel adalah Dreame versi bahasa Indonesia, meksipun di Dreame ada pula novel bahasa Indonesia.

Innovel dan Dreame sama-sama sebuah Aplikasi Membaca Novel Gratis yang menawarkan cerita unik dan menarik dengan penerapan membeli part dengan koin di dalam aplikasi.

Innovel Indonesia

Kedua aplikasi membaca novel ini dikembangkan oleh Stary PTE. LTD. yang berbasis di Singapura, dengan mengkhususkan Innovel untuk pasar Indonesia, dan Dreame untuk pasar Global.

Sama halnya dengan yang lain, Innovel dan Dreame sama-sama memiliki aneka ragam genre dengan genre romance yang mendominasi.

 

10. NovelToon

NovelToon adalah aplikasi membaca novel gratis yang dikembangkan oleh Shanghai Ruo Gu Advertisement Co, LTD yang berbasis di Tiongkok.

Aplikasi Baca NovelToon

Sedangkan di pasar Indonesia, NovelToon dikelola oleh PT. Manga Toon Group yang berada di Tangerang, Banten.

NovelToon menjadi media aplikasi membaca novel gratis yang digemari penikmat Romance, Action dan Fantasi.

11. KBM App

KBM App dulunya bernama Ketix ID yang memiliki banyak harapan dan ambisi. Aplikasi membaca novel khusus ini dikembangkan oleh PT. Sembilan Sembilan Media yang ada di Cirebon, Jawa Barat.

KBM App kebanyakan dihuni oleh bunda-bunda yang gemar bercerita dan menceritakan dinamika keluarga, polemik rumah tangga pra pernikahan.

Aplikasi Baca Novel KBM App

Aplikasi membaca novel KBM App lebih banyak dikenal dari Komunitas Bisa Menulis, sebuah Grup Facebook yang dikelola Asma Nadia, seorang penulis best-seller Indonesia dan rekan-rekannya.

KBM App menjadi surganya cerita-cerita novel bergenre Pernikahan, Perselingkuhan, Dinamika Kehidupan Bersama Keluarga Mertua, Agama, Politik, dan isu-isu SARA lainnya.

12. Webnovel

Webnovel merupakan salah satu platform dan media membaca novel gratis yang dikembangkan oleh Cloudary Holdings LTD yang ada di Hongkong; di bawah naungan raksasa Tencent Holdings LTD.

Aplikaso Baca WebNovel

Webnovel pertama kali diluncurkan pada tahun 2017.

Novel-novel yang ada di Webnovel mendapatkan akses gratis di bagian awal cerita, kemudian part selanjutnya dapat diakses dengan membeli menggunakan koin.

Webnovel juga menawarkan aktivitas di dalam aplikasi yang akan memberikan kamu koin gratis sehingga kamu tetap dapat mengakses novel yang kamu inginkan dengan membelinya menggunakan koin yang sudah kamu dapatkan atau kamu beli.

13. Cabaca

Cabaca merupakan media aplikasi membaca novel yang murah dan mudah. Cabaca pertama kali dirilis pada tanggal 30 Oktober 2017.



Aplikasi Baca Novel Cabaca

Setiap tiga bab pertama novel Cabaca boleh dibaca gratis, selebihnya kamu harus membuka dengan membeli menggunakan kerang atau koin di aplikasi Cabaca.

Cabaca dikembangkan oleh PT. Cabaca Cita Sentosa yang berbasis di Daerah Istimewa Yogyakarta.

14. Kwikku

Kwikku adalah Social Storytelling yang mana kamu tidak hanya dapat membaca novel, juga bisa mendapatkan tulisan berbentuk lain dari author dan penulis-penulis Indonesia.


Aplikasi Baca Novel Kwikku

Kwikku dibentuk pada akhir tahun 2013 oleh 10 Mahasiswa asal Malang, yang kini Kwikku dikembangkan oleh PT. Kwikku Media Nusantara.

15. WeRead

WeRead merupakan platform membaca novel dan buku digital online. Aplikasi novel gratis WeRead secara resmi diluncurkan pada Mei 2019.

WeRead dikembangkan oleh Xi'an Perfect Planet Internet Technology Co., LTD sebuah perusahaan yang berbasis di Singapura.

Aplikasi Baca Novel WeRead

Berbeda dengan Aplikasi Membaca Novel lainnya, pengelompokkan cerita di WeRead tidak dibagi berdasarkan genre, melainkan berdasarkan gender.

16. Joylada

Joylada adalah sebuah aplikasi membaca novel gratis dalam bentuk obrolan yang lebih fokus pada cerita romantis ala-ala chat.

Joylada berlatar cerita romantis. Namun, aplikasi ini juga menawarkan novel dengan berbagai genre dan kamu bisa menemukan banyak cerita drama, komedi, misteri, fantasi, fiksi ilmiah, fanfiction.

Aplikasi Baca Novel Joylada

Joylada dikembangkan oleh perusahaan Ookbee U Co. Ltd.yang berbasis di Thailand; yang pertama kali diluncurkan di tahun 2016 di Thailand dan dirilis ke Indonesia pada 11 Juli 2017.

Ookbee U yang mengembangkan Joylada adalah perusahan Joint Venture (Patungan) antara Tencent dan Ookbee untuk pasar Asia Tenggara.

17. Novel+ / NovelPlus

Novel+ atau NovelPlus merupakan aplikasi membaca novel yang menawarkan ragam genre cerita mainstream semacam Romance dan sejenisnya.

Aplikasi Baca Novel ini dirilis pada awal Agustus 2015 yang dikelola oleh Novel Plus SDN BHD (NPSB) asal Kuala Lumpur, Malaysia.

NovelPlus Aplikasi Baca Novel

Meskipun judul artikel ini adalah 25+ Aplikasi Baca Novel Gratis Online Bahasa Indonesia.

Tapi, Novel+ yang menawarkan cerita berbahasa Melayu ini kebanyakan rada mirip dengan Bahasa Indonesia karena banyak Author Indonesia yang berkarya di aplikasi menulis novel+

18. NovelLife

Novel Life juga salah satu aplikasi membaca novel gratis yang menawarkan ragam genre cerita mainstream semacam Romance.

Aplikasi Baca NovelLife

Novel Life dirilis pertama kali pada 9 Mei 2021 di bawah pengelola Novel Life LTD dan Apps Innova Inc. Sebuah perusahaan dan publisher aplikasi asal Hongkong.

19. Bavel - Baca Novel

Bavel adalah aplikasi baca novel buatan dalam negeri yang dikelola oleh PT Indonesia Fantasi Jaya. Bavel - Baca Novel diluncurkan ke publik pada 1 September 2021.

Bavel Baca Novel

Masih sedikit karya tulis yang ada di aplikasi Bavel, dan kategori genre cerita yang tersedia juga bertipe mainstrem seperti romance, fantasi, teen-fict, horror dan drama.

C). Aplikasi Baca Novel Dapat UangAplikasi Baca Novel Online

Sebenarnya, beberapa aplikasi yang telah disebutkan di atas pula juga memberikan kesempatan untuk membaca novel dapat uang.

Berikut, beberapa Aplikasi Baca Novel Dapat Uang yang sudah terbukti benar-benar dapat menghasilkan uang dengan membaca novel gratis.

20. GoNovel

GoNovel merupakan aplikasi membaca novel gratis yang memberikan kamu kesempatan untuk mendapatkan uang tambahan hanya dengan membaca novel saja.

Dalam aktivitas di aplikasi GoNovel, kamu tentu saja harus membaca novel untuk mendapatkan poin yang dapat ditukarkan menjadi saldo uang elektronik.

Aplikasi GoNovel Baca Novel

Tak hanya itu, kamu juga harus melakukan absensi harian, memainkan game, mengundang teman, dan menonton iklan untuk meningkatkan nilai poin tukar di aplikasi GoNovel.

GoNovel pertama kali diluncurkan pada akhir tahun 2020. GoNovel dikelola oleh sebuah perusahaan asal Tiongkok yang beralamat: di Jalan Furong Middle, dekat sungai Xiangjiang, Changsha, Tiongkok.

Aplikasi ini mirip-mirip dengan aplikasi penghasil uang kebanyakan. Hati-hati! Meskipun terbukti membayar, hargai data diri kamu!

21. Novelah

Novelah termasuk sebagai aplikasi baca novel gratis yang menyediakan cerita beragam genre dan dapat digunakan juga sebagai aplikasi penghasil uang.

Tak jauh berbeda, aktivitas yang ditawarkan juga mengundang teman, mengajak teman memasukkan kode undangan, mengoreksi tulisan, dan tentunya membaca novel di dalam aplikasi Novelah.

Aplikasi Baca Novelah

Novelah dirilis pada 16 Juli 2021 lalu, yang dikelola oleh POINTS CULTURE INTERNATIONAL PTE. LTD, sebuah perusahaan asal Singapura yang berpengalaman di bidang aplikasi penghasil uang semacam Cashzine.

22. Finovel

Finovel merupakan salah satu aplikasi membaca novel gratis yang bisa menghasilkan uang dengan melakukan aktivitas di dalam aplikasi.

Aktivitas di dalam aplikasi membaca novel ini nantinya akan memberikan poin. Kemudian, poin yang berhasil dikumpulkan dapat ditukarkan dengan uang elektronik.

Aplikasi Baca Novel

Finovel dirilis pada 9 Juli 2021 lalu, yang sama-sama dikelola oleh POINTS CULTURE INTERNATIONAL PTE. LTD, sebuah perusahaan asal Singapura yang berpengalaman di bidang aplikasi penghasil uang semacam Cashzine dan Novelah.

D). Aplikasi Baca Buku Elektronik dan Novel.Aplikasi Baca Novel

Aplikasi baca novel gratis yang telah dibahas di atas kebanyakan dihidangkan dari tulisan para author amatir dan profesional yang menandatangani kontrak di setiap regulasi platform menulis.

Tapi, apabila kamu tidak ingin membaca tulisan dari author karena kebanyakan ceritanya masih berstatus on-going. Kamu boleh mencoba aplikasi baca buku elektronik dan novel.

Aplikasi baca buku elektronik ini memungkinkan kamu untuk membaca buku dan novel yang sudah diterbitkan melalui penerbitan, yang kemudian disajikan ke dalam bentuk elektronik alih-alih membaca buku fisik.

23. Google Play Book

Google Play Book merupakan aplikasi baca buku elektronik yang telah menjadi bursa buku elektronik terbesar di dunia.

Produk buatan Google ini diluncurkan pada awal Desember 2010, yang memungkinkan pengguna untuk mengunduh dan membeli buku elektronik di dalam aplikasi secara resmi.


Google Play Book

Kamu bisa membacanya di Tablet atau gawai pembaca buku elektronik semacam Boox Leaf atau Kobo.

24. Gramedia Digital

Gramedia Digital merupakan aplikasi baca buku dan karya tulis lainnya, terbitan Kompas Gramedia dan perusahaan yang bekerja sama dengan Gramedia.

Gramedia Digital menggunakan sistem langganan. Di mana, kamu bisa membaca buku sepuasnya dan semau kamu sesuai dengan jenis langganan yang kamu pilih.

Aplikasi Langganan Baca Novel

Sejujurnya, langganan Gramedia Digital itu lebih menguntungkan bagi yang suka membaca banyak buku. mengingat ada masa habis langganan jika tidak segera diselesaikan.

25. iPusnas

iPusnas adalah aplikasi perpustakaan digital yang memberikan kamu kesempatan untuk membaca buku secara gratis!

iPusnas merupakan perwujudan inovasi perpustakaan digital yang diluncurkan oleh Perpustakaan Nasional RI pada November 2017.

Aplikasi Baca Novel IPusnas

IPusnas menawarkan pinjam buku berdurasi yang bisa kamu akses gratis jika ketersediaan copy-nya masih ada atau kamu harus menunggu sampai pengguna lain selesai mengembalikannya.

26. Rakata

Rakata adalah platform literasi digital persembahan dari penerbit Mizan Group. Ada banyak buku elektronik terbitan Mizan dan buku-buku yang diterbitkan dari imprint-nya.

Imprint yang bekerjasama dengan Mizan Group seperti Noura Books, Bentang Pustaka, Bentang Belia, Qanita, dan lain-lain.

Aplikasi Baca Novel Rakata

Tidak hanya membaca buku dan mengakses tulisan-tulisan berkualitas.

Di sini, kamu juga bisa berkontribusi dengan menulis.

Rakata mirip-mirip dengan Gramedia. Namun, Rakata bukan aplikasi berlangganan, melainkan Toko Buku Digital seperti Google Play Book.

27. E-Perpusdikbud

E-Perpusdikbud adalah aplikasi perpustakaan digital alternatif yang juga memberikan kamu kesempatan untuk membaca buku secara gratis seperti iPusnas.

E-Perpusdikbud dikelola oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia yang dirilis pada pertengahan akhir tahun 2019.

Perpustakaan Online Baca Novel

Sayangnya, aplikasi membaca buku dan perpustakaan digital ini perlu pengembangan dan pengelolaan yang harus ditingkatkan.

Berbeda dengan iPusnas, pengalaman membaca di E-Perpusdikbud masih jauh berbeda, khususnya koleksi bukunya yang perlu diperbanyak.

Penutup : Aplikasi Baca Novel Online Gratis Bahasa Indonesia.

Aplikasi Baca Novel Online Gratis Bahasa Indonesia memberikan kemudahan kepada kamu untuk dapat membaca novel yang kamu inginkan dari handphone.

Karena aplikasi membaca novel di handphone saat ini sudah banyak jumlahnya dan akan banyak lagi yang baru, maka sebagai pengguna d pembaca. Pilihlah aplikasi yang legal dan jelas.

Tetap jaga identitas diri di dunia digital; karena saat ini pula, banyak aplikasi berkedok saja. Padahal, bisa merugikan penggunanya.

Posting Komentar