Cek "pengaturan" yang diterapkan di situs kepenulisan.com dalam tautan berikut: Ketentuan

Platform Menulis Novel GoodDreamer Story Indonesia

Platform menulis novel online Good Dreamer Story Indonesia. Salah satu platform menulis novel yang dikelola oleh perusahaaan Indonesia.

Platform Menulis Novel

Kepenulisan.com - Platform menulis novel online memungkinkan penulis atau author mendapatkan uang dengan menulis cerita yang akan dibayar jika ada pembaca  yang membaca novel-nya dan mencapai target yang ditentukan.

Salah satu platform menulis novel yang memberikan bayaran ke penulisnya adalah GoodDreamer Story Indonesia

Platform menulis novel asal Indonesia ini dikelola oleh PT. Tujuh Berlian Mediatama yang berkantor di Boulevard Gold Coast OfficeLiberty Tower Lt 17J, Pantai Indah Kapuk - Pluit - Jakarta, dan memiliki Kantor Share Service Admin dan Pemasaran Di Komp Perkantoran Ruko Emerald - Summarecon - Bekasi.


Good Dreamer Story Indonesia telah dirilis awal November 2022. Selama proses memperkenalkan, PT. Tujuh Berlian Mediatama sebagai pengelola platform menulis novel ini telah melakukan roadshow ke beberapa kota besar dengan maksud memperkenalkan dan mencari penulis yang ingin berkarir menjadi editor dan menjadi author yang berkarya di platform menulis novel Good Dreamer Story.

Kamu bisa mengunduh Aplikasi Good Dreamer Story Indonesia di Google Play Store atau melalui tautan berikut: https://play.google.com/store/apps/details?id=id.gooddreamer.novel

Benefit Menulis Novel di GoodDreamer Story Indonesia.

Dari informasi yang didapatkan dari teman-teman di sosial media, bahwa rencananya, Good Dreamer Indonesia akan memberikan benefit yang menggiurkan sebagai bentuk peluncuran perdana platform menulis novel ini.

Benefit menulis novel di Good Dreamer Story Indonesia, di antaranya:

Signing Fee yang Besar di GoodDreamer Story Indonesia

Merujuk dari konsep signing fee dari platform  menulis novel lain yang juga membayar penulisnya. Bonus signing fee merupakan bonus yang dibayarkan ke penulis ketika berhasil mendapatkan kontrak menulis di platform menulis novel online.

Tapi, untuk saat ini belum tahu berapa nominal bonus yang akan diberikan Good Dreamer Story Indonesia kepada author yang berhasil mendapatkan kontrak dan menandatanganinya. 

Bayaran menulis novel yang akan diberikan bisa saja sama seperti platform menulis novel kebanyakan atau bisa jadi lebih besar. 

Bonus Aktivitas Bulanan GoodDreamer Story Indonesia

Masih merujuk pada konsep dari platform lain. Sepertinya, bonus aktivitas bulanan ini merupakan bayaran yang diberikan kepada author karena telah memenuhi tantangan yang diberikan.

Bisa jadi aktivitas memenuhi target kata atau mencapai jumlah pembaca tertentu. Tapi, untuk nilai bayaran atau jumlah kata yang harus dicapai juga masih belum tahu.

Bonus Penyelesaian GoodDreamer Story Indonesia

Bonus ini merupakan bayaran yang diberikan ke author atau penulis yang berhasil menyelesaikan beberapa tantangan yang bisa saja berupa pencapaian jumlah kata atau jumlah pembaca dalam kurun waktu yang telah ditentukan.

Tapi, sama seperti bonus lainnya. Masih belum tahu berapa jumlah yang harus dicapai atau berapa nilai bonus yang akan dibayar ke author.

Bonus Lainnya di GoodDreamer Story Indonesia

Tentu saja ada bonus lainnya yang dihadirkan sebagai bentuk mengundang daya tarik penulis untuk mau berkarya di platform Good Dreamer Story Indonesia. Bonus-Bonus itu berupa  bonus yang diberikan setiap ada pembaca yang melakukan pembelian sebanyak seratus ribu orang dan setiap pembelian per satu juta orang.

Serta ada pula Program Rumah Impian dan Program Mobil Impian, yang belum diketahui bagaimana konsep program ini dilaksanakan. 

Kontrak Good Dreamer Story Indonesia

Bagaimana Cara Mengajukan Kontrak di GoodDreamer Story Indonesia?

Cara mengajukan kontrak di Good Dreamer Story Indonesia harus melalui editor yang bisa kamu hubungi lewat email. Untuk saat ini, belum tahu jenis kontrak yang ada di Good Dreamer Story Indonesia. 

Kamu dapat mengirimkan minimal lima bab dengan seribu kata di setiap bab. Sehingga, kamu perlu lima ribu kata sebagai syarat pengajuan. Naskah dikirim dalam bentuk Ms. Word dengan menyertakan cover di awal dan penggunaan judul yang tidak boleh vulgar.

Naskah yang lolos seleksi dari editor akan menerima surat kontrak lengkap dengan informasi kompensasinya. Sebaiknya, kamu benar-benar membaca informasi yang diberikan editor kamu nanti. 

Agar bisa diterima dan dikontrak oleh Good Dreamer, silakan lengkapi syarat-syarat di bawah ini:

Memerhatikan Tanda Baca.

Ada beberapa tanda baca yang harus kamu perhatikan ketika mengajukan kontrak ke editor naskah. Beberapa yang paling sering luput dari perhatian penulis akan tanda baca biasanya penggunaan titik koma, tanda petik sebagai dialog, imbuhan di yang harus dipisah dan digabung.

Memiliki Karakter Tokoh yang Kuat.

Tokoh yang kuat itu bisa berupa tokoh yang memiliki motivasi dan tujuan yang jelas. Jangan menggambarkan tokoh yang sedang menghadapi depresi atau tidak memiliki motivasi dan tujuan hidup yang jelas. 

Sepertinya, platform Good Dreamer Story Indonesia ingin menampung cerita-cerita yang mengisahkan tokoh dengan mimpi yang bagus sesuai makna platform jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia. Tapi entalah, itu cuma dugaan saja. 

Baca Juga: Makna Tokoh, Penokohan, Karakter dan Karakteristik dalam Novel.

Cliffhanger di setiap akhir bab.

Cliffhanger merupakan perangkat plot dalam fiksi yang menampilkan protagonis dalam situasi yang menegangkan dan menggantung di akhir bab bersambung agar pembaca merasa antusias menemukan kelanjutannya di bab selanjutnya.

Sederhananya, penutup bab kamu harus menimbulkan keterkaitan antar bab sehingga pembaca mau melanjutkan membaca, kamu bisa menampilkan situasi yang gantung, atau kejutan.

Konflik di Tiga Bab Pertama. 

Konflik di tiga bab pertama itu bukan berarti harus ada keributan di awal cerita, ya. Namun, ada suatu gesekan yang membuat tokoh kamu memiliki dorongan sehingga menggerakan alur.

Konflik di dalam cerita itu ada beraneka ragam bentuk; ada yang berupa ketidakselarasan pemikiran tokoh kamu dengan lingkungan tempat tinggalnya, dengan dirinya sendiri, atau dengan tokoh lain.

Kamu harus memperkenalkan konflik di awal bab sehingga pembaca memiliki ketertarikan akan cerita yang kamu hidangkan. 

Alur yang Tidak Bertele-tele.

Sebagai awalan, sebaiknya kamu menghidangkan alur yang benar-benar memperkenalkan konflik dan tokoh utama kamu daripada berputar-putar menggangit POV atau situasi yang sebenarnya itu enggak baik untuk novel.

Biarkan alurnya mengalir dulu, tanpa harus menghadapi hambatan seperti batu di aliran sungai. 

Baca Juga : Ciri-ciri Novel yang Membosankan.

Cerita yang Menarik dan Tidak Membosankan.

Agak berat mengkategorikan cerita yang menarik dan tidak membosankan itu seperti apa. Ya, kesimpulannya, cerita kamu memang harus sesuai dengan genre yang kamu pilih. Lupakan konsep cerita pasaran yang ada di platform lain. 

Di Good Dreamer Story Indonesia, berusahalah menghidangkan cerita dengan konsep yang baru dan belum pasaran di platform lain. Namun, dengan tetap mengutamakan peraturan yang ditetapkan.

Tidak Ada Adegan Dewasa yang Eksplisit dan Detail.

Sebaiknya, tanggalkan dulu scene yang menampilkan adegan eksplisit. Platform Good Dreamer Story merupakan platform baru, jadi agak aneh juga apabila kamu menggunakan adegan dewasa dengan alasan permintaan pembaca.

Jangan memaksa, jika karya kamu memang mengandung adegan dewasa yang eksplisit dan kamu tidak mau mertentangan dengan ideologi kamu, sebaiknya jangan memilih platform ini.

Selain adegan dewasa, kamu juga tidak boleh mengangkat tema LGBT, hal-hal yang berbau SARA, dan incest.

Penutup:

Sebagai pendatang baru dan dikelola oleh perusahaan dalam negeri, semoga PT. Tujuh Berlian Mediatama dapat membawa Good Dreamer Story Indonesia ke arah yang benar-benar dapat membawa angin segar bagi penulis-penulis yang merasa tidak cocok dengan platform novel kebanyakan.

Tidak ada komentar yang dapat ditulis lebih banyak akan platform ini karena belum mendapatkan gambaran yang jelas atau informasi yang lebih banyak untuk digali. Tidak terlalu berekspektasi, semoga berjalan sesuai dengan rencana saja.  

Posting Komentar

© Kepenulisan.com. Hak cipta. Developed by Jago Desain