Cek "pengaturan" yang diterapkan di situs kepenulisan.com dalam tautan berikut: Ketentuan

NaNoWriMo Challenge di Grup Kepenulisan: 'Ingin Menjadi Penulis. Namun, Enggan Menulis'.

Grup Kepenulisan Facebook: 'Ingin Menjadi Penulis. Namun, Enggan Menulis' tahun ini akan menemani kamu melaksanakan NaNoWriMo Challenge!

Grup Kepenulisan Facebook: 'Ingin Menjadi Penulis. Namun, Enggan Menulis' tahun ini akan menemani kamu melaksanakan NaNoWriMo Challenge! Harapannya, semoga tantangan menulis novel ini dapat membuat kamu menyelesaikan satu naskah novel dengan total 30.000 hingga 50.000 kata.

NaNoWriMo Event

Apa itu NaNoWriMo?

NaNoWriMo merupakan singkatan dari National Novel Writing Month. Sebuah tantangan menulis kreatif yang diadakan setiap tahun sepanjang bulan November: dari 1 November hingga 30 November. 

Harapannya, semua peserta yang ikut dalam tantangan NaNoWriMo ini dapat menulis sebanyak 30.000 kata hingga 50.000 kata. Namun, penulis boleh memperbanyak jumlah kata setelah November selesai. Intinya, selama November; penulis harus menulis sebanyak 30.000 kata hingga 50.000 kata.

Penulis yang ikut NaNoWriMo harus menulis setiap hari dalam sebulan dengan rata-rata sekitar 1.700 kata per hari. Di Amerika, Penulis yang ikut tantangan ini harus menulis karyanya langsung di situs NaNoWriMo, dan jika si penulis berhasil mencapai 50.000 kata di akhir bulan November,penulis yang berhasil mencapai target tantangan akan dinyatakan berhasil menyelesaikan tantangan.

NaNoWriMo sendiri diciptakan oleh penulis bernama Chris Baty pada tahun 1999 di wilayah San Francisco. Saat itu, ada 21 penulis yang berpartisipasi dalam tantangan ini. Sekarang, NaNoWriMo sendiri telah terdaftar sebagai organisasi nirlaba.

Alasan Mengapa Kamu Harus Ikut NaNoWriMo!

NaNoWriMo telah menjadi tantangan besar yang dinantikan untuk dapat diikuti agar dapat melampaui diri dan mengimprovisasi kemampuan menulis. 

Banyak penulis baru, author amatiran dan novelis berpengalaman yang profesional mengikut NaNoWriMo untuk bersenang-senang dan menantang diri. Berikut ini, ada beberapa alasan mengapa NaNoWriMo bisa bermanfaat dan kamu harus ikut!

1. NaNoWriMo Membuat Kamu Mau Menulis.

Tujuan dari NaNoWriMo adalah membuat penulis mau menulis dan memiliki alasan untuk tetap menulis. Euforia yang diberikan oleh tantangan menulis ini membuat para penulis bersemangat karena ada tantangan yang harus dihadapi. 

Lupakan dulu Writer's Block, karena NaNoWriMo tidak membutuhkan alasan semacam itu. Apapun yang terjadi, kamu harus menulis 1800 kata perhari agar dapat mencapai 30K kata atau 50K kata selama sebulan.

2. NaNoWriMo Bisa di-revisi Bulan Depan!

Inti dari NaNoWriMo adalah membuat kamu terus menulis dan merevisinya nanti, sehingga kamu harus mengabaikan proses editing naskah sebelum berhasil mencapai jumlah kata yang harus dicapai.

3. NaNoWriMo Menghubungkan Kamu dengan Pembaca.

NaNoWriMo menghubungkan kamu dengan pembaca dan penulis lain yang saling memberikan semangat. Ada banyak pembaca yang menantikan karya-karya yang ditulis saat NaNoWriMo karena karya tersebut diperbarui setiap hari tanpa harus menanti kemalasan penulis menghilang.

Di Kampung Asri, Grup Kepenulisan Facebook: Ingin Menjadi Penulis. Namun, Enggan Menulis. Kami membuat kamu terhubung dengan pembaca yang menjadi anggota Grup. Temukan persyaratannya di postingan berikut:

4. NaNoWriMo itu Tentang Tanggung Jawab.

NaNoWriMo berbicara tentang tanggung jawab dan tetap menulis sesuai tujuan menulis yang telah ditentukan sebelum memutuskan ikut berpartisipasi dalam tantangan menulis novel tahunan ini.

Apapun yang terjadi, kamu harus bertanggung jawab atas karya kamu agar dapat mencapai jumlah kata yang ingin dicapai. Akan menjadi kesenangan sendiri apabila kamu berhasil bertanggung jawab untuk karya kamu sendiri.

Apa yang Membuat NaNoWriMo Challenge di Grup Kepenulisan: 'Ingin Menjadi Penulis. Namun, Enggan Menulis' Menjadi Spesial?

NaNoWriMo Challenge di Grup Kepenulisan Ingin Menjadi Penulis. Namun, Enggan Menulis tahun ini tidak memiliki aturan apapun selain kamu harus menulis setiap hari. Kamu bebas memilih platform menulis apapun yang kamu suka dan yang sesuai dengan tulisan kamu.

Menariknya, beberapa platform meminta kamu untuk dapat memenuhi jumlah viewers tertentu untuk dapat mengajukan kontrak. Nah, event ini cocok banget kamu manfaatkan untuk mendapatkan jumlah viewers.

Karya yang kamu tulis nanti, boleh kamu ajukan kontrak dan boleh kamu lanjutkan hingga jumlah kata yang kamu inginkan setelah NaNoWriMo selesai. 

Selain itu, karya-karya yang berhasil ditulis semasa event NaNoWriMo ini akan didaftarkan dan disematkan ke dalam grup sebagai Karya Tulis NaNoWriMo agar anggota grup dapat membaca karya kamu.

NaNoWriMo

Posting Komentar

© Kepenulisan.com. Hak cipta. Developed by Jago Desain